Cara Jual Beli Saham Part 1: Pengenalan Pasar Saham

  • Sesuai dengan namanya "Pasar" Saham, maka layaknya pasar pasar pada umumnya, pasar saham merupakan tempat terjadinya jual beli saham. Ada pasar saham lokal, ada pasar saham internasional. Nah kali ini kita hanya fokus dulu pada pasar saham lokal yang biasa kita sebut dengan Pasar Saham Jakarta atau Jakarta Stock Exchange.
  • Di pasar saham jakarta, saat ini ada sekitar 670 saham lebih yang diperjual belikan secara umum. Ini jumalhnya akan terus bertambah seiring dengan penambahan perusahaan baru yang 'go public' atau yang diperjual belikan secara umum sahamnya.
  • Satu hal yang membedakan pasar saham dengan pasar lain, adalah bahwa untuk bisa membeli saham, kita harus melalui perantaraan broker, jadi tidak bisa langsung. Untuk itu kita harus mempunyai akun di broker yang akan kita gunakan.
  • Sebelum memulai mebuka akun yang beneran untuk bisa jual beli, kita bisa membuka akun dummy dulu dan melakukan latian untuk jual beli saham. Salah satu contoh akun dummy yang bisa kita buat adalah Stockbit. Kita bisa membuka lewat komputer maupun menggunakan aplikasi IOS atau Android kita.